Wednesday 2 March 2016

Mainan tradisional

Posted By: Unknown - 07:49

Terkadang jika melihat anak-anak jaman sekarang kita suka merasa iri, maianan mereka begitu keren masih pada keci mainan nya sudah tablet, psp atau ps.  Jaman dulu punya gembot aja udah keren banget terus temen-temen pada pinjem.
Tapi disisi lain kita perlu besyukur mainan-mainan tradisional itu bisa bikin kita bahagia, melatih kreatifitas kita. Berikut mainan2 tradisional yang sering kita mainkan waktu kita kecil dulu.

1.Tulup/Pletokan
Mainan ini terbuat dari bambu kecil yang  dipotong, dan pelurunya terbuat bari kertas yang dibasahi. Tetapi ada beberapa buah yang bisa dijadikan peluru yang tentunya akan lebih sakit jika terkenan badan kita. Selain bambu kita juga bisa gunakan pulpen yang di bongkar.

2. Mobil-mobilan
Mainan ini terbuat dari kulit jeruk bali kemudian untuk rodanya biasanya menggunakan sandal yang dingunting bulat dan disatukan dengan kayu/bambu. Mobil-mobilan ini biasanya di ikat dengan tali kemudian ditarik keliling kampong.

3. Terjun payung
Mainan ini terbuat dari plastic yang di hubungkan dengan pemberat yang dibuat menyerupai tubuh manusia. Tapi biasanya para penjual mainan juga menjual dengan pemberat menyerupai tokoh super hero terkenal seperti saras 008, batman, superman, spiderman dll.

4. Gledekan
Mainan ini terbuat dari bamboo yang dirakir seperti mobil,dengan kemudi berupa tongkat terbuat dari bamboo, yang berfungsi membelokan laju gledekan.

5. Kuda lumping.
Mainan ini terbuat dari pelepah daun pisang yang di bentung menyerupai kuda lumping. Biasanya maianan ini dimainkan bersama dengan teman. Kemudian ada teman yang bertugas memainkan musik dengan alat seadanya seperti kaleng bekas susu, botol botol kaca , ember  dll

6. Egrang
Mainan ini selain untuk bermain terdapat fungsi lain yaitu untuk melatih keseimbangan kita.

7. ketapel
Mainan ini terbuuat dari kayu yang biasanya diambil dari percabanagan pohon yang kemudian di ikat dengan karet pentil, dengan peluru berupa batu.

8. Gangsing
Mainan ini terbuat dari kayu yang di bentuk bulat. Cara bermain gasing dengan meliliit dengan tali kemudian  di Tarik.

About Unknown

Nama saya Andreas Nofri Wildanto. Tujuan Saya membuat Blog ini untuk memberikan informasi ke pembaca tentang segala sesuatu yang terjadi pada hidup kita.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 ANGKATJANGKAR

Designed by | Dedicated To STMIK AMIKOM